Warna Urin Bayi

Warna Urin Bayi – Ciri-ciri urin yang normal adalah warnanya kuning jernih dan tidak berbau. Tak ada bedanya warna urine yang normal antara bayi yang mengonsumsi susu formua atau ASI. Hanya saja, warna urine si kecil bisa saja berubah bergantung dari apa yang dia makan atau minum.

“Umumnya, warna urine terhadap bayi baru lahir (0 – 3 bulan) dibandingkan dengan bayi di atas 4 bulan adalah sama, yaitu berwarna kuning jernih selama bayi hanya mendapat ASI atau susu formula. Kecuali, bila bayi sudah mendapat makanan tambahan atau mengonsumsi obat, maka kemungkinan urine bisa berubah warna,” papar dr. Patria Vittarina, SpA dari Divisi Perinatologi RSIA Muhammadiyah.

Jadi perubahan warna urin bayi dapat dipengaruhi oleh asupan makanan dan obat. Walau demikian, ada beberapa warna urin yang musti diwapadai. Pasalnya, perubahan warna urine juga bisa menunjukkan adanya penyakit di dalam tubuh bayi, misalnya infeksi saluran kemih yang pada jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Oleh karena itu, dr. Patria menegaskan, bila terdapat perubahan warna pada urine bayi, maka perlu diamati pula gejala klinis yang lain seperti demam, rewel, muntah, diare atau tidak mau makan. Bila itu terjadi, maka sebaiknya orang tua segera berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut beberapa warna urin yang tidak normal :

1. Pink atau merah
Kemungkinan terdapat darah, hemogloblin, myoglobin, atau bisa juga karena pewarna makanan.

2. Orange
Kemungkinan karena mengonsumsi pyridium atau rifampisin.

3. Coklat atau hitam
Kemungkinan terdapat myoglobin, pigment empedu, mengonsumsi obat metronidazol, nitrofurantoin.

4. Biru
Kemungkinan terdapat obat methylene blue, infeksi saluran kemih karena pseudomonas (jarang terjadi), penyakit metabolik triptophan herediter.

5. Keruh atau berawan
Kemungkinan terdapat infeksi saluran kemih.

6. Kuning tua
Kemungkinan oleh karena mengonsumsi vitamin C, Vitamin B, Betakaroten, jeruk atau wortel.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*