Tumbuh Kembang Bayi 3 Bulan

Tumbuh Kembang Bayi 3 Bulan

Tumbuh Kembang Bayi 3 Bulan – Pada usia 3 bulan, bayi Bunda sudah semakin sadar dengan sekelilingnya dan sudah memiliki jadwal tidur, makan dan bermain yang lebih teratur sehingga memungkinkan Bunda untuk beristirahat lebih lama. Kali ini kami akan menyoroti pertumbuhan dan perkembangan bayi umur 3 bulan yang bisa Bunda harapkan untuk dicapai oleh buah hati Bunda.

Kemampuan Motorik

– Refleks bawaan lahir seperti refleks kaget yang diperlihatkannya pada beberapa bulan awal biasanya berangsur-angsur hilang sekarang.
– Otot lehernya bertambah kuat dan bisa menopang kepalanya tanpa atau hanya sedikit terhuyung-huyung pada posisi tegak.
– Tubuh bagian atas sudah cukup kuat untuk menopang kepala dan dadanya dengan tangan pada waktu ditengkurapkan.
– Mulai bisa menjulurkan kaki dan menendang.
– Menunjukkan tanda-tanda awal koordinasi mata dan tangan seperti membuka dan menutup tangan, memukul ke arah mainan warna warni yang berjuntai, meraih mainan atau giring-giring sekilas, bermain dengan tangan dan memasukkan tangan ke mulut.

Pola Tidur

Perkembangan organ tubuh sang buah hati semakin sempurna, karenanya lambungnya sudah bisa menerima lebih banyak susu. Hal ini memungkinkan bayi Bunda untuk tidur lebih lama antara 6-7 jam dalam satu waktu. Jadwal tidur siangnya juga harusnya lebih teratur sekarang. Kebanyakan bayi 3 bulan akan tidur sebentar sekitar 1-2 jam beberapa kali dalam sehari.

BACA JUGA :
Tumbuh Kembang Bayi 6 Bulan
Tumbuh Kembang Bayi 5 Bulan
Tumbuh Kembang Bayi 4 Bulan
Tumbuh Kembang Bayi 2 Bulan
Tumbuh Kembang Bayi 1 Bulan

Panca Indera

Perkembangan bayi umur 3 bulan dalam hal indera pendengaran dan penglihatan juga semakin sempurna. Bayi 3 bulan akan menengok dan tersenyum ke arah suara orang tuanya dan senang mendengar semua jenis musik.

Komunikasi

Di usia 3 bulan, bayi mulai memperlihatkan kemampuan sosialnya. Ia mulai berinteraksi dengan orang dan tersenyum untuk kesenangan serta berceloteh dengan membuat suara vokal seperti “oh” dan “ah”. Frekuensi menangis pun berkurang, biasanya tidak lebih dari 1 jam per hari. Jika bayi Bunda menangis berlebihan, sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter anak karena penyebabnya mungkin kolik atau masalah medis lainnya.

Setiap bayi berbeda satu sama lain. Jangan kuatir jika bayi Bunda melewatkan milestone tertentu, terutama bila bayi Bunda lahir prematur. Namun, segera konsultasikan dengan dokter anak jika pada usia 3 bulan bayi Bunda belum bisa merespon suara, mengikuti orang atau objek dengan matanya, tersenyum atau mencoba meraih objek.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*