Tumbuh Kembang Bayi 2 Bulan

Tumbuh Kembang Bayi 2 Bulan

Tumbuh Kembang Bayi 2 Bulan – Buah hati Bunda kini sudah berumur 2 bulan dan bukan merupakan bayi baru lahir lagi. Memasuki bulan ke-2 Bunda telah mengamati perkembangan bayi minggu ke minggu, Bunda akan mulai memahami kepribadian bayi Bunda. Bunda belajar apa yang disukai dan tidak disukai bayi, juga apa yang membuat bayi Bunda menangis. Berikut ulasan singkat pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 2 bulan yang bisa Bunda harapkan terjadi pada bayi Bunda.

Kemampuan Motorik

Bayi usia 2 bulan umumnya sudah lebih kuat untuk menopang kepalanya (tidak dalam jangka waktu lama) dan bisa mengangkat kepalanya setinggi 45 derajat pada saat ditengkurapkan atau ditegakkan badannya.

Refleks mengisap bayi biasanya berlanjut di bulan ke-2 pertumbuhannya. Mereka semakin senang mengisap jempol atau jari lainnya yang merupakan salah satu cara mereka untuk menghibur diri.

Bayi 2 bulan belum dapat bermain dengan mainan. Tapi bayi Bunda mulai tertarik dengan objek warna-warni yang digantungkan di depannya. Ia bahkan mungkin mencoba meraih objek tersebut atau memegang sebentar mainan yang ditempatkan ke tangannya.

BACA JUGA :
Tumbuh Kembang Bayi 6 Bulan
Tumbuh Kembang Bayi 5 Bulan
Tumbuh Kembang Bayi 4 Bulan
Tumbuh Kembang Bayi 3 Bulan
Tumbuh Kembang Bayi 1 Bulan

Waktu Tidur

Perkembangan pola tidur bayi usia 2 bulan masih belum terbentuk sepenuhnya. Umumnya bayi 2 bulan membutuhkan waktu tidur 15 – 16 jam per hari yang terbagi dalam beberapa sesi tidur.

Bayi 2 bulan sebaiknya dibiarkan tidur telentang untuk mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Hindari juga menaruh objek-objek di ranjang termasuk bantal, boneka, mainan, dll. Bantulah bayi Bunda untuk belajar tidur sendiri dengan menaruh bayi Bunda di tempat tidurnya pada saat ia terlihat mengantuk.

Tengkurap

Dengan kondisi leher yang sudah lebih kuat, si kecil sudah bisa menopang kepalanya. Saat ditengkurapkan, ia akan mencoba mengangkat badannya dengan mendorong tangannya. Hal ini yang akan memperkuat otot tubuh bagian atas dan punggung. Otot-otot ini nantinya akan membantunya duduk, bergerak dan berdiri suatu saat nanti.

Untuk mendukung perkembangan si kecil, Bunda bisa menelungkupkan bayi Bunda pada saat bayi sedang tertarik untuk bermain. Temani buah hati Bunda pada saat tengkurap dan berbicaralah padanya untuk mendukung perkembangannya. Membiasakan bayi tengkurap akan membantu memperkuat otot leher untuk menopang kepalanya.

Indera Penglihatan

Sekarang ia sudah bisa melihat objek dari jarak sekitar 18 inci. Bayi Bunda kini bisa mengikuti gerakan benda yang mendekat. Karenanya, sang buah hati akan senang digendong dengan posisi tegak menghadap keluar. Menempatkan bayi di bouncer juga membantunya untuk menikmati pemandangan.

Bahasa

Bayi akan mulai membuat berbagai suara biasanya diawali dengan huruf vokal seperti eh, oh, ah atau uh. Ia akan mendengarkan suaranya sendiri dan terus berlatih menggerakkan lidahnya untuk mengulang suara. Terus berbicara dengannya dengan cara mengulang suara yang ia buat. Biarkan bayi Bunda menjawab Bunda. Ikuti gerakan matanya untuk melihat apakah ia sedang mengamati sesuatu. Ia mungkin berbicara tentang suatu objek atau seseorang.

Komunikasi

Cara utama bayi usia 2 bulan untuk berkomunikasi masih melalui tangisan. Tapi Bunda mungkin bisa mendengar sedikit degukan, jeritan, gerutu dan bahkan celoteh manja. Bayi Bunda juga sudah mengenal wajah dan suara Bunda serta dapat meresponnya. Anda bahkan mungkin bisa melihat senyum pertamanya (senyum tanpa gigi dengan gusi yang bersinar) yang menawan hati.

Hal terpenting yang bisa Bunda lakukan saat ini untuk mendukung pertumbuhan bayi usia 2 bulan adalah berbicara pada buah hati Bunda. Bicarakan hal yang sedang Bunda lakukan. Walaupun ia tidak bisa menjawabnya, ia akan bereaksi pada suara Bunda. Hal ini akan mendorong mereka untuk mulai membentuk kata pertamanya di bulan-bulan mendatang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*