Tumbuh Kembang Bayi 1 Bulan

Tumbuh Kembang Bayi 1 Bulan

Tumbuh Kembang Bayi 1 Bulan – Dua belas bulan pertama kehidupan bayi Bunda merupakan masa-masa tumbuh kembang bayi yang menakjubkan. Dalam waktu sesingkat itu, buah hati Bunda akan berubah dari bayi yang bergantung sepenuhnya pada Bunda menjadi anak kecil yang mulai berjalan, berbicara dan menunjukkan tanda-tanda awal kemandirian.

Pertumbuhan

Jangan kuatir jika bayi Bunda kehilangan sebagian berat badannya pada beberapa hari pertama kehidupannya. Bayi dilahirkan dengan kelebihan cairan tubuh karenanya berat badannya akan turun sekitar 10% sebelum menjadi stabil dan berangsur-angsur naik. Dalam waktu 2 minggu, berat badannya akan kembali ke berat badan waktu lahir dan naik terus dengan cepat selama bulan pertama.

BACA JUGA :
Tumbuh Kembang Bayi 6 Bulan
Tumbuh Kembang Bayi 5 Bulan
Tumbuh Kembang Bayi 4 Bulan
Tumbuh Kembang Bayi 3 Bulan
Tumbuh Kembang Bayi 2 Bulan

Kemampuan Motorik

Meskipun bayi usia 1 bulan sudah bisa memutar kepala pada saat dalam posisi tengkurap, namun leher mereka belum cukup kuat untuk menopang kepala pada posisi tegak. Karenanya jangan lupa untuk menopang kepalanya dengan tangan sewaktu mengangkatnya.

Umumnya, gerak refleks bawaan bayi lahir meliputi :
– Mengisap
Segera setelah lahir, bayi Bunda akan mulai mencari dan melekat pada payudara atau dot untuk makan.
– Mengeluarkan makanan
Refleks mengeluarkan objek dari kerongkongan agak tidak tersedak.
– Genggaman yang kuat
Taruh jari Bunda dalam telapak tangannya dan rasakan cengkeramannya.
– Refleks moro
Pada saat terkejut, bayi akan tersentak ditandai dengan merentangkan kedua tangannya dan membuka genggamannya (terutama jika tidak ada pegangan).
– Naluri untuk melangkah
Jika Bunda meletakkan kaki bayi pada permukaan solid sambil menopang tubuhnya, akan kelihatan bayi Bunda melangkah.

Perkembangan Indera Penglihatan

Bayi yang baru lahir hanya bisa melihat dengan jelas pada jarak dekat sekitar 25cm. Yang berarti bayi hanya bisa melihat wajah Bunda saat menyusui. Mereka juga lebih menyukai objek berbentuk bulat dengan gelap dan terang yang kontras serta memiliki garis luar yang tajam karena lebih mudah dilihat.

Matanya juga mungkin terlihat juling pada saat ia mencoba fokus pada objek. Ini merupakan hal yang normal karena syaraf pengontrol mata bayi belum sepenuhnya berkembang. Namun jika hal ini berlanjut sampai usia 3 atau 4 bulan segera berkonsultasi dengan dokter anak.

Perkembangan Indera Pendengaran

Walaupun pendengarannya belum sempurna namun bayi baru lahir sudah bisa mengenali suara sang Bunda yang didengarnya tiap hari dalam kandungan. Bayi juga memiliki kemampuan untuk memblokir suara-suara yang mengganggunya agar bisa memperoleh istirahat yang cukup dan melindungi diri dari penggunaan panca indera yang berlebihan. Namun, jika bayi Bunda sepertinya tidak merespon pada suara apapun konsultasikan dengan dokter anak.

Perkembangan Indera Perasa

Bayi lebih menyukai rasa manis tetapi indera perasanya belum cukup matang untuk membedakan asam dan pahit. Sedangkan indera penciumannya sudah berkembang sempurna dan sudah bisa membedakan bau puting ibu dan bau asi dalam beberapa hari pertama kehidupannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*