Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi DiPeriode Emas

Ibu Dan Bayi - Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi DiPeriode Emas

Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi DiPeriode Emas

Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi DiPeriode Emas – Dengan mengoptimalkan bertumbuh bahkan berkembangnya anak bayi paling efektif dalam rentang 1.000 hari pertama kehidupannya atau periode emas. Pada saat itu, bayi akan dapat lebih cepat menangkap ilmu dan stimulasi. Persiapkan apa yang akan diajarkan dan diberikan untuk lebih mudah diterima.

Saat periode emas ini jugalah dalam berbagai pencapaian pertumbuhan akan terus terjadi. Bahkan dari segi fisik, pertumbuhan tinggi badan sampai kekuatan otot dapat terlihat. Potensi buah hati pun akan mulai bisa terlihat dalam sisi kecerdasan, kreativitas, kemandirian, kepercayaan diri, hingga kesupelannya. Pencapaian-pencapaian ini jugalah yang semestinya Bunda sadari untuk bisa dapat terus memacu buah hati agar menjadi anak generasi maju yang selalu bisa untuk dapat dibanggakan.

 

Stimulasi Bayi Pada Periode Emas

Agar dapat mengoptimalkan potensinya, tentu stimulasi yang Bunda beri harus banyak pertimbangan jangan asal di berikan. Lebih baik Bunda dapat untuk menyesuaikan stimulasinya dengan usia bayi. Karena beda umur, beda stimulasi yang perlu Bunda lakukan juga. Ini adalah contoh stimulasi yang bisa Bunda berikan kepada buah hati disaat usianya berada di rentang 0-6 bulan.

Perkanalkan Suara Sekitar

Pertama, rahim Bunda merupakan rumah bayi yang tergolong tenang dan paling nyaman. Namun di saat sudah lahir, bayi perlahan harus diajarkan bahwa tempatnya kini telah berbeda. Biarkan bayi mengenal dunia barunya dengan cara dapat mengenal situasi sekitar lewat interaksi suara.

Perkenalkan buah hati dalam mendengar berbagai suara di rumah terlebih dahulu, mulai dari suara orang berbicara, televisi, maupun bunyi dari mainannya sendiri. Cara ini bisa membuat bayi mulai dapat membedakan suara – suara di sekitarnya dan dapat juga menimbulkan reaksi khusus pada setiap bunyi.

Sering Diajak Komunikasi

Yah tidak ada istilah terlalu dini untuk mengajak bicara bayi Bunda. Sebelum lahir Bunda dapat juga melakukannya. Mengajak bicara buah hati akan bisa juga menstimulasi pendengarannya agar menjadi lebih peka. Kemampuan bicaranya pun akan lebih terasah karena sifat bayi yang senang meniru.

Oleh karena itu, sering-seringlah untuk dapat mengajak bicara bayi Bunda dalam berbagai kesempatan. Tidak perlu secara khusus, Bunda bahkan bisa melakukannya disaat sedang menyusui, memandikan, ataupun ketika hendak menidurkan si bayi.

Selalu Memberikan Senyuman

Agar dapat mendukung buah hati menjadi anak generasi maju yang percaya diri dan supel, anak tentu harus merasa nyaman sedari kecil. Anak harus dapat merasa diterima bahkan disayangi oleh orang-orang yang berada disekitarnya. Bunda dapat menunjukkan kasih sayang tersebut dengan cara, selalu memberikan senyuman kepada anak. Jangan lupa jugauntuk dapat tatap matanya sesering mungkin. Buat anak sadar dan yakin bahwa kehadirannya itu sungguh sangat diharapkan dan memberikan kebahagiaan.

Sifat bayi yang senang meniru pada akhirnya akan membuatnya sering tersenyum dengan stimulasi yang Bunda lakukan. Nah, jika buah hati sudah sering tersenyum, jangan diabaikan. Bunda sebaiknya selalu dapat membalas senyumannya. Senyum balik dari Bunda akan semakin meyakinkan bayi bahwa ia selalu diterima dengan baik oleh Bunda.

Tambah Intensitas Balaian Dan Pelukan

Setiap Bunda pasti akan selalu menyanyangi buah hatinya. Bahkan, ada yang senang mengungkapkannya lewat interaksi fisik dan ada juga yang agak enggan. Sebenarnya, interaksi fisik, seperti belaian dan pelukan, akan sangat berarti untuk sibuah hati. Ia akan merasa aman dan disayang sehingga secara langsung selalu akan memberikan rasa kepercayaan diri bagi dirinya.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk sering membelai dan memeluk buah hati Bunda dengan lembut. Ketika ia menangis, Bunda dapat memeluknya dan gendonglah. Di saat senggang, ajaklah bayi untuk berbincang sambil sesekali taruhlah belaian di kepala dan punggungnya

Dengarkan Musik

Tidak hanya suara sekitar, akan lebih baik Bunda untu dapat mulai memperdengarkan musik kepada bayi sedari dini. Alunan nada yang teratur akan lebih mudah membuat bayi mengenal dan juga membedakan bunyi. Pengaruh lainnya, suara musik yang ia dengar pun bisa merangsang otaknya untuk lebih kreatif.

Bunda dapat sesuaikan musik yang ingin diputar dengan kegiatan bayi. Contohnya, ketika sedang menyusui atau hendak menidurkan bayi, Bunda bisa menyetel musik dengan alunan nada yang tenang. Kecilkan volume musik juga ketika buah hati Bunda hendak beristirahat.

Sekian informasi yang kami berikan seputar Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi DiPeriode Emas. Simak Terus artikel lain nya. Hanya di www.indriani.web.id

Share:

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.