Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 0-3 Bulan

perkembangan bayi

perkembangan bayi - Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 0-3 Bulan

Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 0-3 Bulan

Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 0-3 Bulan – Tahun-tahun pertama dalam perkembangan anak memang penuh suka cita bahkan cerita bagi Bundanya. Sebagai orang tua, Bunda wajib tahu tahapan perkembangan bayi dan balita dari masa-masa awal kehidupannya. Yuk kita simak bersama!

– Bayi Baru Lahir, Usia 1 Bulan.

Memiliki Berat Badan: 2,5-4,3 kg.

Panjang Badan: 46-55 cm.

Di saat bayi sedang mengalami berbagai pertumbuhan dan perkembangan saat baru lahir. Selain pertumbuhan fisik, fungsi pancaindra bayi juga ikut serta berkembang. Bahkan, bayi sudah mulai untuk mengembangkan kemampuan linguistik sejak dilahirkan.

Pada usia 1 bulan, bayi akan menggunakan beberapa ekspresi suara seperti tangisan, geraman, dan kicauan kecil untuk berkomunikasi. Sikap balasan Bunda terhadap cara komunikasi si Kecil ini sangat baik untuk mendorong pertumbuhan bayi.

Beberapa perkembangan yang dapat Bunda pantau pada saat bulan awal, ini antara lain:

– Pendengaran.

Pada indra pendengaran bayi sebenarnya telah berkembang sejak dari dalam kandungan. Hanya saja, pendengarannya kian sensitif dan semakin sempurna. Bayi yang sudah bisa menunjukan cara untuk mencari arah suara dan merespon disaat mendengarkan tepukan tangan. Bayi juga sudah dapat mengedipkan mata bahkan terkejut karena suara.

Bunda dapat menanggapinya dengan cara bernyanyi atau memainkan musik lembut untuk bayi. Selain menyenangkan bagi bayi, hal ini juga dapat mengembangkan kemampuan indra pendengarnya.

– Penglihatan.

Yang dimiliki dalam penglihatan bayi saat di usia ini masih kabur, tetapi perlahan akan berangsur jelas dan semakin tajam fokusnya. Jarak pandang bayi usia 1 bulan hanya sekitar 30 cm. Karena itu, dekatkanlah wajah Bunda saat bermain dengan si Kecil.

Bayi juga mulai dapat mengikuti pergerakan objek dengan menggerakkan kepala dan juga mata. Namun, saat objek hilang, mereka juga tidak akan ingat eksistensinya lagi. Jangan khawatir jika mata bayi tampak juling karena ini adalah bagian dari cara fokus pandangan bayi.

motorik Dan Kesadaran.

Usia bayi pada 1 bulan belum menyadari dirinya adalah bagian terpisah dari orang lain. Pada usia ini bayi akan menyadari keberadaan tangan dan kaki yang bisa digerak-gerakkan.

Dalam mengontrol kepala juga masih sangat lemah. Namun, bayi sudah bisa sesekali menegakkan kepala dan menggerakkan dari kiri ke kanan bahkan sebaliknya. Bayi juga bisa refleks menggenggam jemari Bunda walaupun tidak sangat erat.

– Bayi Usia 2 Bulan

Bayi memiliki Berat Badan: 3,4-5,7 kg.

Panjang badan bayi: 51-58 cm.

Di saat usia sekitar 4-6 minggu, bunda mungkin sudah mulai sering melihat si Kecil tersenyum lebar. Apa lagi di saat pertumbuhan dan perkembangan yang dialami bayi pada tahapan usia ini?

– Pengelihatan.

Di buktikan perbedaan warna kian jelas bagi bayi yang pada umumnya sangat menyukai kontras warna primer yang terang dan jelas. Bayi juga gemar melihat pola dan gambar yang berukuran besar dan kontras. Penglihatan si Kecil dalam usia ini sudah mulai berkembang dan jarak pandangnya kian bertambah, sekitar 60 cm.

– Pendengaran.

Ternyata si Kecil semakin pintar, bahkan mengenali dan membedakan suara-suara di sekitarnya. Sering-seringlah bernyanyi dan mengajaknya mengobrol karena suara Bunda punya efek menenangkan yang akrab di telinganya.

– Motorik Dan Kesadaran.

Memiliki berat badan rata-rata 5 kg dan panjang hingga 58 cm, koordinasi gerakan bayi semakin mulus dan lancar. Saat ini si Kecil sudah punya refleks menarik. Ia akan mencoba meraih benda di sekitarnya dan mengibaskan tangan. Bayi juga sudah bisa menyepak saat dibaringkan.

Si Kecil juga sudah mulai bisa mengangkat kepala sejenak. Gerakan ini akan dapat mendorongnya untuk mencoba berguling. Walau begitu, pada umumnya bayi belum bisa benar-benar tengkurap saat diusia 2 bulan.

– Bayi Usia 3 Bulan.

Memiliki Berat Badan : 4,4-7 kg.

Panjang badan bayi: 54.7 – 62.2 cm.

Di antara usia 2-3 bulan, bayi akan cukup fokus dengan tangannya. Bayi akan sangat senang melihat tangan mereka sendiri atau memasukkan tangan ke mulut. Meski gerakan mereka masih kaku, perkembangan motorik mereka berlangsung pesat saat ini.

Indra Peraba

Dalam perkembangan indra peraba pada bayi semakin baik pada usia 3 bulan. Ini merupakan momen yang tepat untuk memperkenalkan berbagai tekstur kepada si Kecil. Hadirkan mainan dengan jenis material berbeda.

Bunda juga sebaiknya sering untuk menjalin kontak kulit dengan si Kecil saat kemampuan indra perabanya berkembang pesat. Selain mendekatkan diri secara emosional, kontak fisik dapat menenangkan mereka. Bunda juga sudah bisa mulai memperkenalkan pijat bayi pada usia ini.

– Memahami Sebab Dan Akibat.

Bagi pemahaman terhadap bayi juga cukup berkembang pesat saat memasuki usia 3 bulan. Di saaat ini, si Kecil mulai memperhatikan efek sebab-akibat di sekelilingnya. Contohnya, mainan yang dipukul akan jatuh, dan sebagainya. Jaringan di otaknya sedang saling terhubung seiring penemuan-penemuan barunya tentang dunia di sekitarnya.

– Motorik Kesadaran.

Di saat usia ini bayi sudah lebih kuat menyangga kepalanya dan berusaha berguling ke kanan dan ke kiri. Kemampuan motorik si Kecil juga semakin kuat dan semakin baik dalam menggerakkan tangan dan kaki. Pada usia ini, bayi sudah mulai bisa menggenggam mainan.

Di semakin bertambahnya usia si Kecil, kemampuan bersosialisasinya juga semakin berkembang. Pada usia ini, ia sudah dapat mengenali suara Bunda dan orang-orang terdekat yang setiap hari berada di sekitarnya. Bayi mulai dapat mengenali pantulannya dalam cermin dan mulai senang berinteraksi dengan orang di sekitarnya.

Sekian Penjelasan Mengenai Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 0 – 3 Bulan. Simak Terus Informasi menarik lain nya. Di www.indriani.web.id

jordan smith - 82 posts

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.

ASI, Bayi