Persiapan Menjadi Ibu

Persiapan Menjadi Ibu – Tidak mudah untuk menjadi seorang ibu, apalagi jika baru pertama kali. Setelah bayi terlahir, tugas seorang ibu akan semakin repot karena harus mengurusi bayi, mengurusi suami, pekerjaan rumah dan masih banyak lagi. Hal itu tidak bisa dipelajari secara instan, melainkan perlu persiapan sejak dini supaya nantinya tidak terlalu repot ketika si kecil lahir. Lalu hal-hal apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Berikut ini adalah hal-hal yang harus dipersiapkan untuk anda yang baru pertama kali menjadi seorang ibu.

1. Persiapan Mental

Hal yang pertama harus dipersiapkan ketika pertama menjadi seorang ibu adalah persiapan mental. Kenapa harus menata mental? Ada banyak hal yang bisa terjadi setelah melalui proses persalinan, ibu akan menghadapi banyak hal seperti mengurus bayi, memulihkan stamina setelah melahirkan, jadwal aktifitas setiap hari yang berubah dan masih banyak lagi. Hal-hal seperti itulah yang bisa membuat ibu merasa stres dan jika ibu merasa stres maka tentunya tidak akan bisa memberikan yang terbaik untuk si kecil karena ASI tidak bisa keluar. Karenanya penataan mental menjadi sangat penting bagi perempuan yang baru menjadi ibu.

2. Belajar mengurus bayi

Sang ibu harus tahu bahwa mengurus bayi itu bukan perkara mudah. Secara kasat mata memang mengurus bayi terlihat sangat mudah, tetapi jika dipraktekan tidak semudah seperti yang dilihat. Ibu harus benar-benar tahu bagaimana cara merawat bayi yang benar, memandikan bayi yang baik, merawat kulitnya, menyusui bayi dengan benar dan masih banyak lagi yang lain. Untuk hal itu, ibu mengikuti kelas yang diadakan di rumah sakit atau bisa belajar pada orang tua yang dulu pernah merawat anda.

3. Menjalin komunikasi dengan suami

Penting bagi ibu baru untuk menjaga komunikasi dengan suami karena ibu akan sering meminta bantuan suami paska persalinan nanti. Ibu harus melakukan diskusi kepada suami karena dalam merawat bayi harus dilakukan bersama-sama. Jadi, tidak hanya ibu saja yang merawat bayinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*