Olah Napas Ibu Hamil

Persiapan yang berhubungan dengan persalinan salah satunya adalah olah nafas ibu hamil. Cara bernafas yang baik dan benar akan membantu persalinan normal yang lancar. Olah nafas dimaksudkan untuk melatih cara bernafas ketika anda menghirup oksigen dan mengeluarkan oksigen sehingga membuat energi anda tercukupi.

Selain itu, manfaat yang dapat anda dapatkan dengan rajin olah nafas saat hamil diantaranya adalah :
– Mengatasi kesulitan nafas yang seringkali dihadapi oleh ibu hamil di trimester ketiga.
– Mengatasi serangan kontraksi pada saat proses persalinan.
– Memaksimalkan kekuatan mengejan saat persalinan.
– Memberikan oksigen cukup pada janin sehingga aliran darah dan pasokan nutrisi lancar.
– Menjaga aliran oksigen dan karbon dioksida sehingga mencegah ibu hamil menahan nafas selama kontraksi.
Metode olah nafas lamaze breathing

Ini merupakan metode oleh nafas yang dikenalkan oleh Dr.Fernand Lamaze. Dia memperkenalkan teknik bernafas dan relaksasi. Latihan yang berhubungan dengan metode olah nafas lamaze breathing adalah :

a. Slow breathing

Metode ini dapat anda lakukan dengan menarik nafas perlahan-lahan dengan menggunakan hitungan (1-3 hitungan) kemudian anda keluarkan melalui hidung secara perlahan.

b. Blowing breathing

Anda dapat menarik nafas melalui hidung secara perlahan kemudian mengeluarkannya melalui mulut secara pelan-pelan. Anda dapat melakukannya sama seperti anda meniup lilin, sehingga nafas teratur ketika dikeluarkan dari mulut.

c. Patterned breathing

Lakukan latihan patterned breathing yaitu dengan menarik napas dan membuangnya secara cepat. Anda dapat menarik napas dari hidung kemudian membuangnya secara cepat dari mulut dengan hitungan(2-3 hitungan) dari mulut.

d. Cleansing breath

Latihan ini berlawanan dengan cara patterned breathing. Anda dapat menarik napas secara perlahan-lahan dari hidung hingga dalam kemudian anda mengeluarkan secara pelan-pelan dari mulut.
Selain teknik diatas anda dapat menambah beberapa teknik latihan lainnya seperti :

1. Gerakan tangan ringan

Anda dapat mengerakan kedua tangan secara bersamaan lurus dan sejajar diatas kepala. Tahan nafas hingga hitungan (5-6 hitungan) kemudian hembuskan perlahan-lahan dibarengi dengan tangan turun ke bawah. Anda dapat mengulanginya hingga 8-10 kali.

2. Tarik nafas secara dalam-dalam

Tarik nafas hingga memenuhi paru-paru kemudian hembuskan nafas perlahan. Anda dapat mengulanginya hingga beberapa kali, hindari bernafas terlalu cepat karena akan membuat anda pusing.

3. Posisi duduk

Anda dapat memposisikan punggung, kepala dan leher tegak relaks. Kemudian tarik nafas perlahan melalui hidung hitungan (1-4 hitungan) kemudian keluarkan melalui hidung pada hitungan yang sama. Ulangi hingga hitungan 8-10 dengan rileks dan berirama.

Itulah olah nafas yang dapat anda lakukan selama kehamilan untuk tetap menjaga kesehatan selama kehamilan dan juga mempersiapkan persalinan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*