Nutrisi Untuk Ibu Hamil 8 Bulan

Nutrisi Untuk Ibu Hamil 8 Bulan – Memasuki usia kehamilan 8 bulan, janin anda sudah sempurna. Plasenta dan paru-paru janin sudah mencapai kematangan pada bulan ke 8 kehamilan. Pada usia janin 33 minggu kelopak mata sudah dapat menutup dan membuka, selain itu janin sudah ditumbuhi bulu mata. Pada usia kehamilan 8 bulan perkembangan otak janin semakin pesat. Bahkan pada usia ini fungsi otak akan menghantarkan rangsangan saraf yang baik. Janin anda sudah dapat beradaptasi dengan aktivitas anda ketika siang atau malam hari.

Memasuki usia minggu akhir di bulan ke 8, gerakan janin semakin aktif, janin akan menendang. Pada minggu ini beban kerja jantung semakin berat disebabkan karena terjadinya pengenceran darah yang semakin meningkat Sehingga ibu hamil yang memiliki riwayat kesehatan preeklamsia atau hipertensi sebaiknya memperhatikan asupan konsumsi untuk mengurangi kenaikan berat badan yang berlebih dan membebankan kerja jantung.

Berikut ini adalah makanan yang baik untuk ibu hamil yang dapat memberikan manfaat lebih untuk kehamilan di bulan ke 8 :

1. Nasi Merah dan Umbi-umbian

Pada usia kehamilan 8 bulan ibu hamil harus dapat menjaga asupan nutrisi.Salah satunya sumber kalori, ibu hamil harus tetap memperhatikan kalori untuk plasenta dan pertumbuhan janin. Ibu hamil dapat memperoleh asupan kalori dari kentang, singkong, kacang-kacangan, beras dan umbi-umbian. Disarankan ibu hamil mengkonsumsi beras merah karena selain memiliki kandungan serat yang biasanya dialami oleh ibu hamil menjelang persalinan adalah sembelit.

2. Sayuran warna orange dan hijau

Sayuran dengan warna orange memiliki kandungan vitamin A yang lebih banyak sehingga dapat membantu dalam imunitas, perkembangan embrio dan pertumbuhan. Dengan mengkonsumsi vitamin A yang cukup maka akan mengurangi risiko bayi lahir prematur dan bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Selain sayurana yang berwarna orange dan hijau anda dapat melengkapi kebutuhan vitamin A dari hati ayam, kuning telur dan susu. Variasikan menu harian anda dengan mengkonsumsi sayuran hijau.

3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai memiliki kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk ibu hamil di bulan ke 8. Vitamin B1 dan Vitamin B2 akan membantu dalam proses metabolisme sedangkan untuk vitamin B12 dan vitamin B6 akan membantu dalam pembentukan sel darah merah dan DHA. Sedangkan untuk B6 akan membantu dalam proses metabolisme yang berperan dalam sel saraf. Anda dapat melengkapi kebutuhan Vitamin B6 selain dari kacang kedelai yaitu dari ikan, susu atau gandum.

4. Jeruk dan Brokoli

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam sayur dan buah di atas dapat membantu untuk memberikan antioksidan dan melindungi kerusakan jaringan. Selain itu vitamin C sangat baik untuk penyerapan zat besi sehingga membantu ibu di kehamilan 8 bulan untuk mempersiapkan persalinan tanpa resiko anemia. Selain Jeruk dan brokoli anda dapat mengonsumsi tomat atau strawberry yang memberikan kandungan vitamin C.

5. Air

Dehidrasi akan mengakibatkan gangguan kesehatan untuk ibu hamil sehingga yang dapat anda lakukan di bulan ke 8 salah satunya dengan menjaga asupan cairan yang dapat mengatur suhu tubuh dan mengatur proses metabolisme sehingga dapat menjaga kesehatan mempersiapkan menjelang persalinan.

Dengan demikian bagi anda yang sudah memasuki kehamilan di bulan ke 8 sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi dan cairan sehingga membantu untuk mengurangi risiko masalah kesehatan menjelang persalinan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*