Nutrisi Untuk Ibu Hamil 6 Bulan

Nutrisi Untuk Ibu Hamil 6 Bulan – Memasuki kehamilan di bulan ke 6 perubahan fisik ibu hamil semakin terlihat kini perut anda semakin membesar. Bahkan di perkembangan janin 6 bulan otak janin sudah dapat menunjukan reaksi sehingga ketika anda memberikan stimulasi denggan sorotan sinar ke perut maka bayi akan memberikan respon.

Perkembangan tubuh dan juga otak janin pada usia 6 bulan semakin pesat. Tulang bayi semakin kuat bahkan jemari dan lengan akan semakin berkembang baik. Bahkan pada usia ini bayi sudah mengisi ruang uterus ibu, inilah alasan kehamilan ibu semakin terlihat. Pembuluh darah akan semakin berkembang begitu pula dengan saluran nafas, mulut dan bibir yang sudah mulai menunjukan sensitifitas. Bayi anda sudah mendengar suara anda sehingga memberikan stimulasi sangat baik dilakukan untuk membantu perkembangan bayi anda.

Selain memberikan stimulasi, hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi di bulan ke 6 kehamilan. Nah, untuk melengkapi makanan untuk ibu hamil yang dibutuhkan anda dapat memilih menu makanan yang memberikan manfaat untuk tubuh ibu hami dan janin.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung manfaat untuk ibu hamil di bulan ke 6 :

1. Ikan salmon

Kandungan ikan salmon yang terdiri dari omega 3 berfungsi untuk kesehatan janin di dalam kandungan. Perhatikan pula pilihan ikan laut yang anda konsumsi jangan sampai banyak mengandung merkuri. Merkuri akan menggangu perkembangan saraf bayi sehingga mengkonsumsi salmon selain memiliki kandungan omega 3 yang baik termasuk dalam ikan laut yang rendah merkuri. Anda dapat mengkonsumsinya dengan porsi yang sesuai kebutuhan, 12 ons per minggu.

2. Telur

Telur mengandung kalori bahkan di dalam kandungannya banyak mengandung vitamin, protein dan mineral. Telur merupakan makanan untuk ibu hamil yang mendorong pertumbuhan janin dan kaya akan kandungan kolin. Ibu hamil yang mengkonsumsi telur sebaiknya hindari mengkonsumsi mentah atau setengah matang.

3. Buncis

Buncis adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi ibu hamil. Buncis mengandung protein dan serat yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya. Kandungan protein nya akan membantu dalam menjaga jannin begitu pula serat yang dibutuhkan ibu hamil dalam melancarkan pencernaan. Ibu hamil di bulan ke 6 seringkali mengeluhkan gangguan pada pencernaan sehingga sebaiknya anda konsumsi makanan yang banyak mengandung serat.

4. Ubi jalar

Ubi jalar yang berwarna orange mengandung karatenoid yang banyak memberikan vitamin A. Seain itu ubi jalar membantu perkembangan janin dan juga mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil diantaranya folat dan vitamin C. Ubi jalar dapat anda konsumsi direbus atau dijadikan tambahan untuk sayur bening.

5. Daging tanpa lemak

Memperhatikan berat badan tubuh anda selama kehamilan bukan berarti tidak mengkonsumsi makanan akan tetapi anda membatasi dengan pilihan yang tepat. Lengkapi kebutuhan gizi harian anda dari daging, pilihlah daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak baik untuk ibu hamil.

6. Sayuran Hijau

Anda dapat mengkonsumsi sayuran hijau yang sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin. Bahkan bagi ibu yang sudah terbiasa mengkonsumsi sayuran akan membuat bayi anda mudah menerima sayuran di masa pemberian makanan pendamping ASI.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*