Nutrisi Untuk Ibu Hamil 5 Bulan

Nutrisi Untuk Ibu Hamil 5 Bulan – Pada usia kehamilan anda memasuki bulan ke 5. Perkembangan Janin sudah memasuki periode yang aman meskipun demikian risiko keguguran masih bisa saja terjadi. Pada bulan ke 5 kehamilan anda mengalami pertumbuhan yang signifikan. Janin sudah mulai aktif dan sensitif. Pada usia kehamilan bulan ke 5, secara fisik ibu mulai terlihat. Berat badan ibu hamil semakin meningkat dan perut semakin membesar.

Meskipun demikian di bulan ke 5 kehamilan ibu sudah mulai bahagia merasakan kehamilan. Mengapa demikian? Pada bulan ke 5 ibu sudah terbebas dengan morning sickness, penciuman ibu tidak terlalu peka bila dibandingkan dengan usia kehamilan sebelumnya. Selain itu yang membuat ibu bahagia di kehamilan ke 5 karena ibu dapat melakukan ultrasound scan yang istimewa. Manfaat melakukan ultrasound scan anda dapat mendapatkan gambaran janin candid. Hal ini membuat anda semakin jatuh cinta pada bayi anda.

Masih di kehamilan bulan ke 5, ibu hamil dapat melakuan perjalanan karena dirasa janin sudah cukup kuat. Meskipun demikia usia kandungan 5 bulan harus tetap dijaga dengan menjalankan pola hidup yang sehat dan makanan yang mengandung nutrisi sesuai dengan kebutuhan ibu dan janin.

Inilah menu makanan untuk ibu hamil 5 bulan :

1. Kalsium dan vitamin D

Kandungan kalsium yang terdapat di beberapa menu makananan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kalsium akan dibutuhkan oleh ibu hamil di awal pemebentukan tulang dan gigi. Dengan kalsium yang cukup maka ibu hamil akan terhindar dari osteoporosis, sehingga mengurangi risiko terjadinya kalsium yang diambil dati tulang.Anda dapat mengkonsumsi susu di bulan ke 5 kehamilan tanpa merasakan morning sickness karena pada bulan ke 5 kehamilan sudah ibu hamil tidak mengeluhkan mual dan muntah. Selain kalsium, lengkapi dengan vitamin D yang akan membantu dalam penyerapan kalsium secara maksimal. Vitamin D bisa didapatkan dari susu, hati ikan atau kuning telur.

2. Omega 3

Konsumsi juga omega 3 yang akan mendukung perkembangan otak sehingga dapat menunjang janin selama di dalam kandungan. Omega 3 bisa anda dapatkan di berbagai macam bahan makanan seperti ikan salmon, makarel, sardin, telur, sayuran hijau atau kacang kedelai. Anda dapat mempersiapkan kecukupan omega 3 dari bulan ke 1 kehamilan anda.

3. Vitamin A

Vitamin A memiliki fungsi untuk penglihatan, pertumbuhan kulit dan tulang. Selain itu vitamin A memiliki fungsi dalam menunjang pertumbuhan janin dan untuk imunitas pada bayi. Konsumsi vitamin A dengan jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Anda dapat mendapatkan vitamin A dari bahan makanan seperti wortel, bayam, tomat pepaya, apel atau buah naga.

4. Zat Besi dan vitamin C

Anda dapat mengkonsumsi zat besi yang terdapat di dalam daging, ikan atau hati. Zat besi memiliki fungsi untuk membentuk sel darah merah sehingga mengurangi resiko terkena anemia. Lengkapi pula dengan vitamin C yang akan membantu dalam penyerapan zat besi dan membnatu untuk melindungi jaringan dan membantu anda memberikan antioksidan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*