Nutrisi Untuk Ibu Hamil 2 Bulan

Nutrisi Untuk Ibu Hamil 2 Bulan – Perkembangan janin yang diawali pada 2 bulan pertama yaitu detak jantung yang sudah mulai berdiri sendiri. Bahkan plasenta dan tali pusat sudah mulai bekerja. Masih dalam bulan pertama ibu hamil di bulan kedua, pembentukan telinga semakin sempurna. Demikian pula dengan pencernaan yang sudah mulai terbentuk, bahkan cikal bakal ginjal sudah terbentuk.

Di pertengahan bulan kedua kehamilan pembentukan paru-paru, pankreas, kelenjar tiroid dan jantung. Bahkan pada minggu ini rongga mulut udah mulai terbentuk. Bahkan kemampuan bayi di bulan kedua kehamilan sudah mulai terlihat. Bayi mempunyai refleks dan juga bergerak secara spontan. Meskipun gerakan spontan janin di dalam kandungan belum dapat anda rasakan.

Selanjutnya pada akhir bulan ke dua janin sudah dapat mendengar bahkan di dalam otak jaringan saraf dapat terhubung dengan penciuman pada otak janin. Perkembangan organ organ penting dibentuk di bulan ke dua sehingga harus didukung oleh kondisi kesehatan ibu hamil. (

Dalam mendukung kesehatan ibu hamil, maka lengkapi dengan makanan untuk ibu hamil 2 bulan :

1. Asam folat

Asam folat memang penting untuk ibu hamil. Di awal anda merencanakan kehamilan. Kandungan asam folat ada pada sayuran hijau , hati sapi, alpukat dan jeruk. Dengan asam folat yang tercukupi maka akan membantu dalam sistem saraf pusat dan juga darah janin. Bahkan asam folat yang tercukupi maka akan mengurangi risiko bayi lahir cacat.

2. Zat Besi

Pada bulan ke dua kehamilan, anda membutuhkan zat besi. Zat besi yang kurang pada ibu hamil maka akan menganggu siklus pelepasan sel telur pada ibu hamil. Zat besi terdapat pada sayuran hijau, daging merah, kuning telur, jeruk dan hati.

3. Zat Seng

Taukah anda bahwa zat seng juga dapat membantu dalam produksi materi generatik ketika terjadinya pembuahan. Adapun makanan yang mengandung zat besi diantaranya adalah , yaitu kacang-kacangan, biji-bijian, telur dan daging.

4. Vitamin C

Lengkapi konsumsi makanan anda dengan kandungan vitamin C.Vitamin C dapat membantu pembentukan jaringan tubuh janin selain itu dengan kandungan vitamin C yang tercukupi maka akan membantu dalam penyerapan besi yang maksimal dan mengurangi risiko preeklampsia. Adapun sumber vitamin C yang baik untuk ibu hamil di bulan ke dua yaitu jeruk, kiwi, brokoli dan strowberry.

5. Vitamin A, B , D dan E

Tidak kalah penting yaitu vitamin A, B, D dan E yang dapat membantu tumbuh kembang dalam membentuk sel darah baru , pembentukan gigi , tulang dan metabolisme. Oleh karena itu lengkapi semua vitamin dari buah dan sayur yang bervariasi warna.

6. Karbohidrat

Tidak kalah penting adalah kandungan karbohidrat. Pada bulan ke dua pertumbuhan janin sangat pesat sehingga kebutuhan energi ibu hamil harus tetap terjaga. Anda dapat mengatur asupan karbohidrat meskipun morning sickness mengganggu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*