Nutrisi Untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Nutrisi Untuk Ibu Hamil 1 Bulan – Taukah anda bahwa kehamilan di bulan pertama sangat penting untuk diperhatikan. Bulan pertama setelah terjadi pembuahan sel telur oleh sperma maka perubahan hormon estrogen dan juga progesteron terus meningkat. Pada bagian embrio yang tidak menempel pada rahim akan tumbuh. Selan itu pembentukan sudah dimulai yaitu tulang ekor, tulang belakang, tulang iga dan saraf.

Pada bulan pertama sistem saraf dan jantung sudah mulai terbentuk. Jantung sudah mulai berdetak sehingga memompa darah ke suluruh bagian janin di dalam kandungan. Umumnya pada akhir 1 bulan kehamilan maka ukuran janin akan terbentuk 1000 kaki lebih besar daripada sel telur yang mengalami ovulasi. Pada kehamilan 1 bulan perubahan emosi sudah mulai terlihat, beberapa diantaranya ada yang sudah menolak makan karena penciuman tajam ibu hamil. Padahal kebutuhan gizi sangat diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

Berikut ini adalah langkah yang dapat anda lakukan untuk memilih makanan yang tepat bagi kehamilan di bulan pertama :

1. Folid Acid

Pada bulan pertama kehamilan, umumnya baru disadari oleh ibu hamil setelah kehamilan 2-3 minggu. Sehingga sangat penting untuk segera menyesuaikan kebutuhan nutrisi ibu hamil. Salah satu yang diperlukan oleh ibu hamil di bulan pertama adalah folid acid. Folid acid terdapat pada kembang kol, brokoli, jagung, wortel, kacang kedelai, jambu, alpukat dan gandum.

2. Asam Folat

Makanan yang sangat diperlukan pada bulan ke 1. Sayuran hijau memang baik karena mengandung asam folat.Salah satu sayur hijau yang tinggi asam folat adalah bayam. Asam folat memiliki peran di awal kehamilan yaitu untuk mencegah kecacatan tabung saraf. Bahkan kandungan asam folat akan mengurangi risiko cacat lahir otak dan juga sumsung tulang belakang. Lengkapi kebutuhan asam folat denga mencukupi 600 mcg per hari. Bahkan asam folat sangat baik untuk dikonsumsi 3 bulan sebelum kehamilan. Bahkan di 4 minggu pembentukan janin pertama. Konsumsi makanan yang kaya asam folat yaitu kacang merah, kuning telur, sereal, susu dan sayuran hijau.

3. Zat besi

Tidak kalah penting untuk ibu hamil di bulan pertama untuk melengkapi zat besi. Pada awal kehamilan zat besi bermanfaat untuk membentuk sel darah merah bagi ibu hamil dan janin. Sehingga ibu hamil menyiapkan diri untuk adaptasi dengan usia kehamilan selanjutnya dan mengurangi risiko lemah,letih dan juga lesu.

4. Kalsium

Pada minggu ke 4 memiliki kebutuhan kalsium yang tinggi. Kalsium memiliki manfaat untuk membentuk tulang janin. Janin yang kekurangan kalsium maka akan mengambil cadangan kalsium dari ibu sehingga ibu berisiko tinggi mengalami keropos tulang.

Dengan demikian sangat penting untuk ibu hamil menjaga kehamilan di satu bulan kehamilan. Untuk memberikan kebutuhan nutrisi anda dapat mempersiapkan sebelum ibu hamil untuk menjaga kondisi ibu sebelum terjadi pembuahan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*