Nutrisi Penting Selama Kehamilan

Nutrisi Penting Selama Kehamilan – Seiring pertambahan usia kandungan maka kebutuhan gizi ibu hamil akan meningkat, terutama setelah memasuki kehamilan trimester kedua. Sebab pada saat itu, pertumbuhan janin berlangsung pesat, terutama perkembangan otak dan susunan syaraf yang pastinya membutuhkan asupan gizi yang optimal.

Berikut nutrisi penting yang tidak boleh terlewatkan :

1. Karbohidrat dan lemak
Sumber tenaga untuk menghasilkan kalori. Dapat diperoleh dari serealia dan umbi-umbian.

2. Protein
Sumber zat pembangun. Dapat diperoleh dari daging, ikan, telur dan kacang-kacangan.

3. Mineral
Sumbet zat pengatur. Dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

4. Vitamin B kompleks
Berguna untuk menjaga sistem saraf, otot dan jantung agar berfungsi secara normal. Dapat dijumpai pada serealia, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi, telur dan produk susu.

5. Vitamin D
Berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi Anda. Sumbernya terdapat pada minyak hati ikan, kuning telur dan susu.

6. Vitamin E
Berguna bagi pembentukan sel darah merah yang sehat. Sumbernya terdapat pada gandum, kacang-kacangan, minyak sayur dan sayuran hijau.

7. Asam folat
Berguna untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah. Banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kembang kol dan brokoli. Pada buah-buahan, asam folat terdapat dalam jeruk, pisang, wortel dan tomat. Kebutuhan asam folat selama hamil adalah 800 mcg per hari terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan otak, sampai cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak janin.

8. Zat besi
Dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari anemia. Banyak terdapat pada sayuran hijau (seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya), daging dan hati.

9. Kalsium
Diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta melindungi ibu hamil dari osteoporosis. Jika kebutuhan kalsium ibu hamil tidak tercukupi, maka kekurangan kalsium akan diambil dari tulang ibu. Sumber kalsium adalah sayuran hijau dan kacang-kacangan. Saat ini kalsium paling baik diperoleh dari susu serta produk olahannya. Susu juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, D, B2, B3, dan vitamin C

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*