Menyajikan ASIP

Cara menyajikan ASIP perlu diperhatikan karena kesalahan dalam penyajian dapat merusak komposisi ASI. Perlu diingat bahwa ASIP beku yang sudah mencair, tidak boleh dibekukan lagi dan ASIP yang sudah dihangatkan, tidak boleh dihangatkan lagi.

Biasanya ASIP beku yang sudah dicairkan dapat disimpan di dalam kulkas bawah selama 24 jam. Hindari peningkatan/penurunan suhu secara drastis karena akan merusak komposisi dan mengganggu aktifitas anti-bakteri yang terkandung didalam ASI. Jadi jangan pernah mencairkan ASIP dengan merebus ataupun memanaskan di microwave.

Berikut adalah langkah-langkah mencairkan ASIP :

1. ASIP yang beku di freezer harus dipindahkan ke kulkas bawah dahulu pada malam sebelum digunakan.
2. Biasanya dalam 12 jam, ASIP yang sudah dipindahkan ke kulkas bawah akan mencair
Jika membutuhkan cara yang lebih cepat, bisa coba cara ini:

1. Cairkan dengan mengalirinya di bawah keran air
2. Cairkan deangan air hangat yang suhunya naik secara perlahan
3. Rendam botol di mangkuk air hangat, jika air sudah dingin maka ganti lagi dengan air hangat
4. Bisa gunakan Bottle Warmer dan naikkan suhu secara bertahap namun tidak boleh lebih dari 40⁰C karena komposisi ASI bisa rusak pada suhu 40⁰C
Cara Menghangatkan ASIP :
Sebenarnya tidak ada aturan untuk menghangatkan ASIP. Selain karena kebiasaan saja untuk menyajikan secara hangat, mungkin juga karena ASI dari payudara memang selalu hangat pada suhu 37⁰ C. Boleh disajikan dingin jika memang bayi menyukainya. Penelitian juga menunjukkan bahwa temperatur ASIP yang diberikan tidak mempengaruhi pengosongan ASIP.
Setelah dicairkan, ASIP tidak boleh dibekukan kembali. ASIP yang sudah dihangatkan juga tidak boleh dihangatkan lagi. Pembekuan dan Penghangatan kembali dapat merubah komposisi ASI.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*