Menu Diet Sehat Pada Ibu Menyusui

Menu diet sehat pada ibu menyusui adalah dengan membatasi asupan nutrisi sampai dengan 2000 kalori sehari. Selain nutrisinya cukup, diet dangan 2000 kalori tetap mencukupi nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui. Jika kurang dari 1800 kalori sehari, maka tidak akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan dan apabila ibu mengurangi asupan sampai kecil dari 1500kal maka produksi ASI akan turun 15% secara bertahap.

– Pukul 7 pagi (Makan Pagi)
English Muffin yang terbuat dari gandum dengan ½ sendok makan selai kacang, keju rendah lemak dengan selai buah, dan 1 gelas jus jeruk kaya kalsium dan vitamin D.

– Pukul 10 pagi (Snack tengah hari)
30 ml yogurt rendah lemak. 14 wortel kecil.

– Pukul 1 siang (Makan Siang)
Lasagna sayuran yang mengandung banyak sodium, 1 apel berukuran besar.

– Pukul 4 sore (Snack sore)
22 almond, sekotak kismis (40 gram)

– Pukul 7 malam (Makan Malam)
Ayam panggang bagian dada (200 gr) dengan bayam, kentang rebus, dan dressing dari minyak canola.

– Pukul 9 malam (Snack setelah makan malam)
Dessert 100-150 kalori
Jika Anda tetap lapar dengan diet 2000 kalori, tubuh Anda mungkin butuh energi lebih banyak. Tambahkan 100 kalori makanan yang sehat.

Contohnya:
– 1 apel, pear, jeruk, dan pisang
– 12 wortel kecil dengan 2 sendok kecil dip hummus (saus celupan khas Timur Tengah yang terbuat dari kacang chickpea, tahini, jus lemon, dan bawang putih)
– 30 anggur
– 1 kantong Popcorn dengan sehelai lembar keju

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*