Langkah Menyusui Bayi

Menyusui adalah aktivitas sangat penting bagi Mama untuk sang bayi. Sayang, sebagian Mama mengalami kekhawatiran saat hendak menyusui. Umumnya, kecemasan atau kekhawatiran itu disebabkan oleh stres yang dialami Mama seusai melahirkan.

Penelitian oleh Dwenda Gjerdingan MD, MS yang dilakukan di AS menyebutkan, ada 13 persen dari ibu-ibu yang menyusui mengalami stres. Hal ini disebabkan karena kekhawatiran-kekhawatiran yang muncul seputar ASI dan aktivitas yang menyertainya. Angka ini, menurut Gjerdingan bisa meningkat bila penelitiannya diperluas kepada ibu-ibu yang memang mengalami post-partum blues sehabis melahirkan.

Sebenarnya tidak ada yang perlu Mama khawatirkan. Yakinlah, Mama dapat menyusui seusai melahirkan dan pastikan Mama mengumpulkan pengetahuan lengkap seputar ASI dan aktivitasnya agar dapat memberikan ASI eksklusif sebagai hadiah bagi sang bayi.

Berikut adalah langkah menyusui bayi yang harus Mama ketahui :

1. Cuci tangan dengan sabun sebelum menyusui.
2. Bersihkan kedua puting susu dengan kapas steril yang telah dibasahi air hangat (Admin: atau bisa juga dioleskan ASI di puting susu).
3. Posisi tubuh ibu yang tepat adalah duduk atau tiduran. Ibu yang menjalani persalinan dengan operasi dan perutnya masih luka, bisa memegang bayi dengan posisi badan bayi agak ke atas dan kepalanya ke arah payudara. Khusus untuk bayi kembar dapat dilakukan dengan cara seperti memegang bola bila disusui bersamaan, di payudara kiri dan kanan.
4. Menyusui bayi secara bergantian pada payudara kiri dan kanan sampai bayi merasa kenyang. (Admin: berikan satu payudara dulu sampai terasa kosong. Bila bayi masih belum kenyang, berikan payudara satunya lagi)
5. Setiap kali berpindah dari satu payudara, selalu sendawakan bayi agar udara yang terisap bisa keluar.
6. Usai menyusui, bersihkan mulut bayi dan kedua pipinya dengan kapas steril yang telah dibasahi air hangat.
7. Bila kedua payudara masih ada sisa ASI, keluarkan dengan alat pompa ASI.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*