Cara Menstimulasi Bayi Merangkak

Cara Menstimulasi Bayi Merangkak

Cara Menstimulasi Bayi Merangkak – Tidak bisa diam adalah nama tengah bayi yang berusia 6 bulan ke atas, karena pada umumnya mereka sudah sangat aktif. Inilah saat yang tepat untuk melatih keterampilannya bergerak, agar dapat segera bisa merangkak atau merayap.

Berikut 5 kegiatan stimulasi yang akan membantu bayi saat merangkak :

1. Mencari Mainan

Cara Menstimulasi Bayi Merangkak

Sediakan matras atau alas yang agak berat, handuk tebal dan mainan favorit si kecil. Taruh bayi Bunda di atas matras dan letakkan mainan favoritnya agak jauh di depan bayi. Bunda bisa memberikan contoh gerakan merangkak dan meraih mainan tersebut sambil bernyanyi. Ajak si kecil untuk mengulangi gerakan tersebut.

2. Terowongan Kardus

Cara Menstimulasi Bayi Merangkak

Siapkan kardus kosong yang sudah tidak terpakai dan pastikan kardus tersebut sudah bersih bebas dari debu. Pilihlah kardus yang kokoh, besar dan cukup untuk dilalui Bunda dan si kecil. Buka kedua sisi sehingga terlihat seperti terowongan. Ayah juga bisa membantu memegang kedua sisi kardus agar lebih aman. Secara perlahan Bunda melalui terowongan kardus tersebut dan pancing si kecil untuk mengikuti Bunda.

3. Merangkak Bersama

Cara Menstimulasi Bayi Merangkak

Bayi biasanya akan merekam apa yang dilakukan orang di sekitarnya. Karenannya Bunda bisa memberikan contoh yang menyenangkan. Seperti saat ia mulai mencoba merangkak, Bunda ikut merangkak di sebelahnya. Pastikan jalur merangkak aman, jauhkan berbagai macam benda-benda yang tajam dan berbahaya. Jadikan aktifitas ini menjadi rutinitas yang menyenangkan.

4. Mengejar Mainan

Cara Menstimulasi Bayi Merangkak

Sediakan mainan yang bisa bergelinding atau memantul, seperti drum, bola, boneka dan sebagainya. Gelindingkan mainannya di depan sang buah hati dan lihat reaksinya. Sang buah hati pasti akan mengejar mainannya.

5. Panjat Bantal

Cara Menstimulasi Bayi Merangkak

Saat bayi sudah mulai merangkak, Bunda perlu menstimulasi otot kakinya agar semakin kuat. Permainan panjant bantal bisa jadi salah satu solusinya. Buatlah tumpukan bantal di tempat tidur Bunda. Pastikan sekeliling tempat tidur sudah diberikan pengaman seperti bantal, selimut tebal dan lainnya. Agar sang buah hati mau memanjat, sudah pasti mainan favoritnya dijadikan pancingan. Letakkan mainan favoritnya di atas tumpulan bantal atau dibalik bantal, lalu ajak ia untuk mengambil mainan tersebut dengan cara merangkak dan memanjat sedikit. Penting bagi Bunda untuk selalu mengawasi agar permainnya berjalan dengan aman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*