Cara Langsing Kilat Setelah Melahirkan

Cara Langsing Kilat Setelah Melahirkan

Cara Langsing Kilat Setelah Melahirkan – Berat badan yang bertambah adalah keluhan yang pastinya banyak dialami ibu baru. Tetapi saat ini Bunda tidak dianjurkan untuk melakukan diet ketat. Apalagi diet dengan cara tidak makan karbohidrat karena hal ini bisa mengganggu nutrisi ASI.

Sebenarnya menyusui adalah salah satu cara menurunkan berat badan secara alami. Aktivitas menyusui dapat membakar kalori hingga 500 Kalori per hari. Selain menyusui, cara lain yang bisa Bunda tempuh untuk bisa back to shape secara sehat adalah :

1. Terapkan pola makan sehat

Pastikan dalam menu makan terdapat karbohidrat, buah, sayuran, protein dari daging tanpa lemak atau ikan, dan susu rendah lemak. Porsi makan tidak terlalu banyak atau sedikit. Hindari makanan yang banyak mengandung gula dan perbanyak minum air putih. Cara ini untuk menjaga agar asupan nutrisi bayi tak terganggu namun berat badan terkontrol.

2. Perbanyak frekuensi makan dengan mengatur porsi makan

Karena memakan kalori, jangan heran jika menyusui memicu rasa lapar. Untuk mengakali lapar, atur waktu makan menjadi lima kali sehari, 3 kali makan dengan menu lengkap dan 2 kali makanan selingan. Sesekali, ganti nasi putih dengan oatmeal atau nasi merah yang kandungan seratnya lebih banyak, sehingga memberi rasa kenyang lebih lama. Konsumsi selada buah atau sayur sebagai selingan. Dengan cara itu, asupan ASI yang diberikan untuk bayi selalu cukup.

3. Lakukan olahraga secara rutin

Olahraga sudah bisa dilakukan setelah masa nifas, karena saat itu jahitan dan luka akibat melahirkan sudah sembuh. Bunda bisa melakukan pilates dan yoga yang melatih kelenturan, kekuatan, dan pernapasan, serta renang dan jalan kaki. Untuk sementara, hindari melakukan olahraga beban yang menyebabkan perut mengejan seperti body pump. Jika Bunda bersalin secara sesar, konsultasikan kepada dokter kapan dan jenis olahraga yang tepat. Yang juga penting, dengarkan “alarm” tubuh. Bila Bunda merasa pusing atau tidak fit akibat harus sering bangun karena menyusui malam hari, jangan memaksakan diri berolahraga namun tambahlah waktu istirahat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*