Cara Benar Pijat Bayi

cara memijat bayi dengan benar

cara memijat bayi dengan benar

Cara Yang Benar Memijat Bayi

Memijat bayi sehari-hari adalah cara yang bagus untuk kesehatan bayi. Terlebih lagi, para peneliti menemukan bahwa pijat dapat mempromosikan tidur yang lebih baik, menghilangkan kolik, dan bahkan mungkin meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, keterampilan motorik, dan pengembangan intelektual. Berikut adalah beberapa tips dan teknik untuk membantu Anda.

Gunakan selimut atau handuk, dan minyak pijat dalam wadah. (Uji minyak pada tempat kecil kulit bayi Anda dan menunggu sehari untuk memastikan tidak ada iritasi muncul.) Mulai saat bayi Anda dalam keadaan namun waspada tenang – Tunggu setelah makan atau saat dia mengantuk. Duduk di lantai dengan telapak kaki Anda bersama-sama, membentuk berlian dengan kaki Anda. Menggantungkan selimut di atas kaki Anda dan antara lutut Anda.

Pakaian bayi Anda ke popoknya dan menempatkan dia di atas selimut, memeluk kepalanya di kaki Anda. Mulailah dengan lembut dari kepala bayi sampai jari-jari kakinya. Jika bayi menegang, menangis, atau menjadi mudah marah, pindah ke bagian tubuh yang lain atau sekadar mengakhiri pijat untuk hari itu. Jika dia merespon dengan baik, mulai memijat lembut bagian tubuh lainnya.

Perut

1. Pegang tangan Anda sehingga tepi pinky Anda dapat bergerak seperti dayung di perut bayi Anda. Mulai di dasar tulang rusuk, usapan bawah dengan satu tangan, kemudian yang lain, dalam gerakan dayung.

2. Pijat perutnya dengan ujung jari Anda dalam lingkaran, gerakan searah jarum jam.

3. Lakukan “I Love U” Stroke: Melacak huruf I di sisi kiri bayi Anda. Kemudian melacak L terbalik, membelai seluruh perut sepanjang dasar rusuknya dari sisi kanannya ke kiri dan ke bawah. Melacak U terbalik, membelai dari rendah di sisi kanan bayi, dan sekitar pusar, dan di sisi kiri.

4. Berjalan jari Anda di sekitar pusarnya, searah jarum jam.

5. lutut dan kaki Tahan bersama-sama dan dengan lembut menekan lutut ke arah perutnya. Putar pinggul bayi sekitar beberapa kali ke kanan. (Hal ini sering membantu mengusir gas.)

6. Tempat tangan di perut horizontal dan batu tangan Anda dari sisi ke sisi beberapa kali. Catatan: Hindari memijat perut jika kabel belum sepenuhnya sembuh.

Kepala dan Wajah

1. Memeluk kepala bayi Anda di kedua tangan, pijat kulit kepala dengan ujung jari Anda, karena jika Anda keramas. (Hindari ubun-ubun, lembut tempat di atas kepala bayi.)

2. Pijat telinga antara ibu jari dan jari telunjuk.

3. Trace bentuk hati di wajah bayi Anda, membawa tangan Anda bersama-sama di dagu.

4. Tempatkan ibu jari Anda di antara alis bayi Anda, dan stroke keluar.

5. Sekali lagi dengan ibu jari, Sentuh lembut di atas kelopak mata tertutup bayi.

6. Bilas memakai tangan namun pelan dari jembatan dari hidung di atas pipi.

7. Menggunakan ujung jari Anda, pijat rahang di lingkaran kecil.

Dada

1. Tempatkan kedua tangan di dada bayi dan lalu usapan tangan anda sampai keluar dari sternum bahunya.

2. Dimulai pada sternum nya, melacak bentuk hati membawa kedua tangan sampai ke bahu, kemudian turun dan kembali bersama-sama.

3. Dalam pola silang, stroke diagonal dari satu sisi pinggul bayi Anda, dan atas bahu berlawanan, dan kembali ke pinggulnya.

Sikut

1. Dengan satu tangan, memegang pergelangan tangan bayi. Bersantai lengan bagian atas dengan menyentuhnya perlahan.

2. Pegang pergelangan tangannya dengan satu tangan dan memegang tangan Anda lainnya dalam bentuk-C sekitar lengan atas bayi; Usapan dari bahunya ke pergelangan tangannya.

3. Dengan masing-masing tangan menggenggam lengannya, tepat di atas yang lain, usapanturun dari bahu ke pergelangan tangan dengan kedua tangan berputar berlawanan arah, seperti jika Anda dengan lembut meremas-remas handuk.

4. Pijat telapak tangannya, menggerakkan jempol lebih praktis dari tumit tangannya ke jari-jarinya.

5. Usapan bawah atas tangan dari pergelangan ke ujung jari. Lembut meremas dan tarik masing-masing jari.

6. Pijat pergelangan tangannya dengan menggerakkan jari Anda di lingkaran kecil.

7. Gulung lengannya antara kedua tangan Anda.

Balik Badan

1. Tempatkan bayi di perut horizontal di depan Anda, atau membaringkannya di kaki terentang Anda. Jauhkan tangan di depannya, tidak di sisi tubuhnya.

2. Dengan kedua tangan Anda di punggung bayi, bergerak masing-masing tangan bolak-balik (menjaga mereka akan di arah yang berlawanan) dari pangkal leher ke pantatnya.

3. Pegang pantat bayi Anda dengan satu tangan dan menggunakan usapan tangan turun dari lehernya ke pantatnya.

4. Menggunakan ujung jari Anda, pijat di lingkaran kecil di salah satu sisi tulang bayi dan menaiki lainnya. Hindari menekan tulang belakang secara langsung.

5. Pijat bahunya dengan gerakan melingkar kecil.

6. Pijat pantatnya dengan gerakan melingkar besar.

7. Memegang jari-jari Anda seperti menyapu, usap bawah punggungnya.

kaki

1. Angkat salah satu kakinya dengan pergelangan kaki dan bersantai dengan ringan menekan paha atas.

2. Pegang pergelangan kaki dengan satu tangan dan memegang tangan Anda lainnya di C-bentuk, ibu jari ke bawah, sekitar paha atas bayi Anda. usapin minyak dari paha ke bawah untuk kakinya.

3. Dengan tangan Anda mencengkeram kaki di paha, tepat di atas yang lain, usapin lagi minyak turun dari pinggul ke kaki dengan kedua tangan berputar berlawanan arah, seperti jika Anda meremas-remas handuk.

4. Pada telapak kakinya, menggunakan gerakan ibu jari-over-ibu jari untuk memijat dari tumit ke jari kaki.

5. Gunakan seluruh tangan Anda untuk membelai bagian bawah kakinya dari tumit ke jari kaki.

6. Usapin bagian atas kakinya. Lembut meremas dan tarik setiap jari kaki.

7. Pijat di sekitar pergelangan kakinya menggunakan lingkaran kecil.

8. Gulung kakinya antara tangan Anda, karena jika Anda bergulir adonan.

Tips Umum
Membuat Usapan lembut tapi tegas, dan tidak geli.
Membuat jadwal Pijat harian bayi Anda.
Ikuti sinyal bayi tentang kapan harus berhenti. Pijat bisa bertahan 10 menit atau 30 menit, tergantung pada suasana hatinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*