30 Hal Penting Sebelum Bayi Lahir (Part-3)

Kesalahan Setelah Melahirkan

Hal-hal yang harus dilakukan untuk menyambut kedatangan sang buah hati (Part-3)

#21. Buat “primbon” pekerjaan kantor

Mendelegasikan pekerjaan kantor adalah salah satu prioritas utama yang perlu Anda kerjakan sebelum mengawali cuti hamil. Selain mengatur pembagian tugas, buatlah “primbon” alias buku catatan berisi nomor-nomor telepon penting serta detail tahapan pekerjaan yang sedang Anda jalankan. Ini akan berguna sebagai bahan acuan bagi kolega.

#22. Melapisi kasur

Pelapis kasur tahan air bukan hanya perlu dipasang pada tempat tidur anak untuk menghindari ompol bayi merembes ke atas kasur, melainkan juga untuk melapisi tempat tidur Anda. Ini untuk berjaga-jaga jika air ketuban pecah pada saat Anda terlelap. Pelapis kasur tahan air juga berguna jika kelak Anda hendak memindahkan bayi dari dalam boksnya dan mengajaknya tidur siang bersama di atas kasur besar.

#23. Membeli baju “in-between”

Setinggi apa pun harapan dan usaha Anda untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula, nyatanya ukuran tubuh Anda tidak akan bisa menyusut drastis dalam hitungan hari setelah melahirkan. Tapi, mengenakan baju hamil tentu akan membuat penampilan Anda tampak kedodoran. Maka, beli beberapa helai baju “in-between” agar Anda bisa kembali tampil modis tanpa masih terjebak dalam busana hamil.

BACA JUGA :
30 Hal Penting Sebelum Bayi Lahir (Part-1)
30 Hal Penting Sebelum Bayi Lahir (Part-2)
Stimulasi untuk Otak Bayi (Part-1)
Stimulasi untuk Otak Bayi (Part-2)

#24. Foto dulu

Percaya deh, meski kedengarannya sepele, namun suatu saat nanti Anda akan ingin mengenang kembali masa kehamilan yang pernah dialami melalui foto. Boleh juga menggunakan jasa fotografer profesional untuk menangkap momen dan angle terbaik. Biarlah jejak guratan cokelat, jerawat, dan rambut rontok menjadi kenangan yang Anda simpan dalam benak, bukan dalam foto.

#25. Tuntaskan pelatihan asisten

Meski Anda menggunakan jasa asisten rumah tangga atau babysitter yang sudah berpengalaman, tetap saja ada kebiasaan tertentu yang berbeda di setiap rumah, seperti cara mensterilkan botol, mencuci baju, serta memproses makanan. Agar segalanya berjalan lancar pastikan Anda telah melatih dan menguji asisten rumah tangga atau babysitter.

#26. Pembekalan bagi kakak

Tambahan anggota keluarga baru sudah pasti akan mendatangkan sejumlah perubahan di sana-sini. Agar sang kakak tidak kaget dan merasa tersisihkan, libatkan ia dalam setiap tahap persiapan kehadiran bayi, mulai dari menyiapkan kamar, memberi nama, hingga menjemput adik kecilnya dari rumah sakit. Tekankan bahwa kehadiran adik baru tidak akan mengurangi kadar cinta ayah dan bunda kepadanya.

#27. Sewa atau beli

Menjamurnya tempat penyewaan barang kebutuhan bayi membuat Anda punya pilihan untuk membeli atau menyewa boks bayi, stroller, dan car-seat. Menyewa bisa menguntungkan karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk barang yang mahal harganya, sebentar dipakainya. Pilih metode yang paling pas untuk keluarga Anda.

#28. Belajar memasang dan melipat

Melipat stroller, memasang dan mencopot car-seat ternyata butuh latihan. Latih terus teknik mengoperasikan benda-benda tersebut sejak beberapa minggu sebelum kehadirannya, agar Anda sudah terampil melakukannya ketika waktunya tiba.

#29. Video & foto persalinan

Ingin proses persalinan Anda diabadikan dalam bentuk foto dan video? Selain meminta bantuan dari sanak kerabat, Anda juga bisa menggunakan jasa profesional yang sudah berpengalaman mengabadikan momen persalinan. Beberapa rumah sakit telah menjalin kerjasama dengan perusahaan penyedia jasa pembuatan dan penyuntingan video, sehingga Anda bisa menggali informasi dari suster dan petugas lainnya mengenai performa kerja mereka.

#30. Mantapkan keuangan

Mulailah mengurangi membeli barang-barang yang tidak perlu, menunda keinginan membeli tas baru atau gadget baru misalnya. Fokuskan keuangan Anda untuk kebutuhan bayi, syukur-syukur jika bisa menabung.
Hitung perkiraan biaya ekstra tersebut dan alokasikan dari mana sumber pendanaannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*